Fisik Skuad Garuda Select Semakin Meningkat
09 December 2019
Fisik Skuad Garuda Select Semakin Meningkat

Dua bulan menjalani tempaan di Aston University, Birmingham, tim Garuda Select secara perlahan tapi pasti memperlihatkan peningkatan menggembirakan di segala lini. Subhan Fajri dkk. juga sudah mulai bisa beradaptasi dengan cuaca dingin di Inggris.

Pelatih kepala Garuda Select, Des Walker, menilai anak asuhnya dapat menjalankan apa yang diharapkan tim pelatih. “Satu hal yang paling mencolok saya lihat sejauh ini adalah peningkatan fisik. Mereka jadi lebih kuat dan berani dalam melakukan duel-duel keras di lapangan,” ucap pelatih kepala, Des Walker.

Latihan fisik yang didapat tim Garuda Select selama berada di Inggris memang tidak main-main. Tiga kali sehari, mereka harus menjalani serangkaian latihan baik itu di lapangan mau pun di pusat kebugaran. Walker juga menekankan agar para pemain fokus meningkatkan kebugaran mereka.

Kemampuan fisik yang mumpuni menjadi salah satu aspek mendasar bagi para pemain selama menimba ilmu di sana. Hal itu, menurut Walker, menjadi modal untuk menjalani instruksi dari pelatih baik saat bertahan mau pun menyerang. Postur pemain-pemain lokal Inggris yang lebih tinggi dari mayoritas pemain Indonesia, kini bisa dihadapi dengan baik.

“Ada beberapa pertandingan yang saya senang melihatnya. Bahkan, sebenarnya kami bisa menang lebih banyak saat itu. Tetapi memang, ini bukan sesuatu yang bisa dipelajari dalam waktu satu malam. Masih banyak yang harus mereka lakukan ke depannya,” ucap Walker.

“Setidaknya saat ini, mereka sudah mulai terbiasa dengan hal-hal lain seperti berkomunikasi di lapangan. Saling mengingatkan untuk tetap bermain sesuai fungsi dan posisi masing-masing. Bukan untuk mengkritisi, tetapi sama- sama membangun pondasi tim yang kuat.” katanya lagi.

Aksi Garuda Select di setiap pertandingan dapat disaksikan melalui Live Match secara gratis di Mola TV. Selain itu, Mola TV juga menyediakan liputan dokumenter kegiatan latihan dan berbagai kehidupan para pemain selama mengikuti program Garuda Select. Banyak hal menarik dan menyentuh yang layak menjadi pembelajaran bagi siapa pun yang ingin meraih impian, termasuk mimpi para pemain Garuda Select untuk menjadi pemain Tim Nasional Indonesia.

Garuda Select kali ini merupakan angkatan kedua. Sebelumnya Garuda Select berlangsung hanya di Inggris selama lima bulan hingga Mei 2019. Sementara Garuda Select angkatan kedua selain bermarkas di Bimingham, Inggris, juga akan merasakan pelatihan di Como, Italia, sehingga para pemain dapat merasakan bermain menghadapi lawan dengan tipe permainan dan taktik yang berbeda. Arsenal, Leicester, Chelsea, dan lawan lawan lama dari musim lalu kembali akan menjajal tim Garuda Select, namun kali ini ada tambahan beberapa lawan baru seperti Manchester City di Inggris dan Como, Torino, Juventus, serta Internazionale.